Bike

1. Belanda sekarang masih jadi negara pesepeda no 1 di dunia.

2. Kira-kira 27% dari seluruh mobilitas warga negaranya memakai sepeda.  Kalau dibandingkan dengan Amerika hanya 1%.

3. Sampai-sampai menurut statistik tahun 2005, di Belanda jumlah sepeda lebih banyak daripada orangnya. 18 juta sepeda untuk 16 juta penduduk.

4. Juara no.1 nya kota Groningen, dengan jumlah penduduk 180 ribuan jiwa, punya jalur sepeda 200Km, sayang ga ke Groningen waktu itu.

5. Tapi ada satu kota anomali di Belanda, yaitu Rotterdam.

6. Rotterdam memilih jadi “kota mobil”.  Jumlah pesepedanya tidak sampai 20%.  Kenapa begitu ya?

7. Yang seru cerita bagaimana strateginya supaya mendorong penduduk Belanda untuk naik sepeda.

8. Prinsipnya cuma dua, 1. bikin susah orang naik mobil, 2. bikin gampang orang naik sepeda.

9. Nah, kalau sudah begitu ada banyak cara deh bikin susah orang.  Contohnya jalur mobil yang mau ke tengah kota dibuat berputar-putar.

10. Berbanding terbalik dengan jalur sepeda yang dibuat mulus dapat menembus terus ke dalam blok-blok bangunan.

11. Cara lainnya juga bisa mengatur lewat tarif parkir.  Di tempat parkir stasiun Amsterdam per dua jamnya harus bayar 10 euro(120ribu).

12. Padahal bersebelahan dengan tempat parkir sepeda yang gratisan.  Btw, tempat parkir stasiun Amsterdam tadi paling mahal no.2 di dunia.

13. Yang paling ekstrim, di kebijakan hukum lalu lintasnya, tidak peduli salah siapa kalau ada kecelakaan, semua biaya kerugian ditanggung kendaraan bermotor.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s